Rabu, 26 Juni 2013

LOGO

Jadi gini, selama semester 3 untuk mata kuliah DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 2 kemarin kita mendalami seluk beluk tentang logo , mulai dari pengertian logo, jenis logo, fungsi logo, cara bikin logo , sampe pengaplikasian logo yang dibikin dalam 1 buku GSM (Graphic Standar Manual) nih nih aku bagiin infonya, ini aku bagi berdasarkan slide yang dikasih dosenku :* kan sayang bila sebuah ilmu tidak disebarkan, aku mau nambah pahala .___. 
P.S : anda semua boleh mengcopynya dan menaruhnya di blog anda masing - masing asal mencantumkan sumber alamat ini, jangan asal ngopi , bersopan santunlah dalam ilmu copy mengcopy :"3

WHAT IS LOGO ?

(slide berdasarkan pdf dari ibu Senja Aprela Agustin, ST.,MDs. , bapak Sayatman, SSn, M.Si. dan ibu Octaviyanti Dwi W. , ST., MAppDesArt )

kalo kata Logo Design Work Book , doski berkata bahwa logo “is a distinctive symbol of a company, object, publication, person, service, or idea.”

Sedangkan menurut Mendiola dalam kamus brand, “Logo adalah kependekan dari logotype. Pada awalnya
istilah ini digunakan untuk merepresentasikan logo yang terdiri dari huruf. Namun sekarang digunakan secara umum untuk merepresentasikan seluruh merek dagang. Ungkapan ‘mark’, ‘logo’, dan ‘identifier’ merupakan istilah yang sepadan maknanya untuk symbol atau wordmark.”

Lalu bedanya Logo mark, Logo type sama Wordmark apa ?

LOGOTYPE
Tipe huruf khas yang digunakan untuk mewakili nama brand, sering juga sebuah wordmark.Contohnya logo CNN (Kamus Brand)
WORDMARK
Nama sebuah brand yang direpresentasikan secara visual dengan gaya desain huruf tertentu. (Kamus Brand)
LOGOGRAM
Bila logotype adalah elemen tulisan pada logo, maka umumnya orang menganggap logogram sebagai elemen gambar pada logo. Sebenarnya logogram adalah simbol yang mewakili tulisan. Contohnya +.?&2 dsb

Nah, Logo sendiri disini memiliki fungsi yang bermacam - macam , seperti pembeda diri dari kerumunan merek lainnya , menciptakan fokus dalam sebuah perusahaan , memberikan identifikasi yang jelas atas sebuah merek , menciptakan kepercayaan kepada konsumen, menciptakan hubungan personal antara merek dengan konsumennya serta berperan sebagai alat untuk mengkomunikasikan pesan.

Kemudian untuk pembagian tipe - tipe logo , ini aku sebutin menurut Rustan (2010), jadi intinya logo itu dibagi 3 yakni Basic shape, Picture mark dan Letter mark. Ini nih aku udah bikin berdasarkan morfologi matrixnya :

Kemudian kalo menurut John Murphy dan Michael Rowe dalam buku How to Design Trademarks & Logos , mereka membagi jenis - jenis logo berdasarkan Word Marks, Device Marks, Name Only- Logo, Name/ Symbol Logos atau Tipografis Geometris, Initial Letter Logos/ Inisial logo , Pictorial Name Logos , Associative Logos, Allusive logo, serta Abstract Logos . Berikut contoh - contoh yang udah andeseh bikin di tugas pertama :

Dan yang terakhir ada ini nih, pemberian nama merk berdasarkan Mendiola B. Wiryawan (Red & White Publishing, 2008) . Dia membaginya berdasarkan Founder/ Nama pemilik Contohnya: Dell, Honda, Ford dll, kemudian ada Descriptive Name/ Nama deskriptif yakni nama yang mendeskripsikan produk atau jasa yang ditawarkan. Contoh : Aqua, Frestea, Tehbotol.
Lalu Associative Name/ NamaAsosiatif, Metaphor / Kiasan, Freestanding Name/ Nama Bebas, Abstract/ Fabricated Name/ Nama Abstak, Acronym/ Singkatan, serta Combination/ Kombinasi.
Nih aku kasih contohnya yang juga dari tugas pertama :)


Ih komen dong kasian ga pernah ada yang komen T..T semoga bermanfaat :)

4 komentar: